High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA)

Perkembangan teknologi pada masa sekarang ini semakin canggih, kususnya teknologi perangkat telekomunikasi. Perangkat telekomunikasi jenis HSPDA ini pertama kali berkapasitas 4,1 mbps, kemudian yang kedua berkapasitas 11 mbps dan kapasitas maksimal downlink peak data rate hingga mencapai 14 Mbit/s. HSPDA merupakan sebuah protokol telepon genggam dan kadangkala disebut sebagai teknologi 3G/5G, Teknologi ini dikembangkan dari WCDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. Dan hingga kini penggunaan teknologi HSDPA hanya pada telepon genggam.

Kecepatan unduh data HSPDA sebagai berikut:

  • Di lingkungan perumahan teknologi ini dapat melakukan unduh data hingga berkecepatan 3,7 Mbps.
  • Dalam keadaan bergerak seseorang yang sedang berkendaraan di jalan tol berkecepatan 100 km/jam dapat mengakses internet berkecepatan 1,2 Mbps.
  • Di lingkungan perkantoran yang padat pengguna dapat menikmati streaming video dengan perkiraan kecepatan 300 Kbps.

Kelebihan HSDPA adalah mengurangi tertundanya pengunduhan data (delay) dan memberikan umpan balik yang lebih cepat saat pengguna menggunakan aplikasi interaktif seperti mobile office atau akses Internet kecepatan tinggi untuk penggunaan fasilitas permainan atau mengunduh audio dan video. Kelebihan lain dari HSDPA adalah meningkatkan kapasitas sistim tanpa memerlukan spektrum frekuensi tambahan. Hal ini menyebabkan berkurangnya biaya layanan mobile data secara signifikan.

Saya informasikan kepada pembaca, jika anda membeli perangkat telekomunikasi, sebaiknya yang sudah teruji di balai besar pengujian perangkat telekomunikasi dan sudah di sertifikasi atau sudah bersertifikat resmi dari postel, untuk menjaga agar anda tidak berurusan dengan pihak yang berwajib. Semoga bermanfaat….

Sumber: Hari's Blog

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a Reply