Sedikitnya 94 murid TK Islam Terpadu

Sedikitnya 94 murid TK Islam Terpadu (TKIT) Al Furqon Palembang mengikuti kegiatan pembelajaran manasik haji pada Jumat (18/2). Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan lebih jauh tentang rukun Islam kelima tersebut kepada para peserta didik. Kepala TKIT Al Furqon Palembang Sartika mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar pada semester kedua.

Mengingat, pada semester satu (musim haji) jadwal kegiatan akademik di sekolah cukup padat.Karena itu,pihak sekolah tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan praktik ibadah tersebut. Dalam simulasi ini, hampir semua rukun haji diajarkan kepada para peserta didik,mulai niat haji, salat, tawaf, sai,melontar, hingga praktik penyembelihan hewan kurban.

“Selama ini di kelas anakanak telah sangat hafal dengan rukun Islam.Agar mereka tak hanya tahu secara teori, kita pun harus mengajarkan praktiknya. Salah satunya melalui simulasi manasik haji ini,”ujar Sartika di ruang kerjanya kemarin. Kegiatan pembelajaran manasik haji ini telah menjadi agenda rutin di TKIT Al Furqon sejak empat tahun terakhir. Selayaknya manasik sesungguhnya, para peserta didik pun menggunakan pakaian ihram lengkap dan sejumlah atribut lainnya.“Sebelumnya, manasik ini telah digelar muridmurid SDIT Al Furqon yang diikuti 500-an anak,”ucap Sartika.

Salah satu murid TKIT Al Furqon, Rara, mengaku senang bisa mengikuti pembelajaran manasik haji ini. Utamanya untuk praktik lempar jumrah dan pemotongan hewan kurban. “Senang ikut manasik. Apalagi yang lempar-lempar foto setan sama yang potong boneka domba. Tetapi, ikut manasik capek soalnya lari-lari, jalan-jalan keliling, pokok keringatan,”ucap Rara. Demikian catatan online Blog Dodol tentang Sedikitnya 94 murid TK Islam Terpadu.

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a Reply