Pertumbuhan Teknologi

Pertumbuhan teknologi yang begitu cepat membuat pasaran alat-alat eletronik kian ketat. Jika tahun lalu, pasar teknologi di Makassar masih dikuasai personal computer (PC) dan netbook dengan dominasi 80%, tahun ini keduanya digeser oleh kehadiran ultrabook dan gadget. Ada kecenderungan PC dan netbook ditinggalkan konsumen. Pada awal tahun ini saja, penjualan PC dibandingkan dengan ultrabook dan gadget sudah seimbang 50:50.

Padahal ultrabook dan gadget saat itu masih dimainkan oleh vendor tertentu,” ujar Branch Manager PT Dyandra Promosindo Makassar Mawarda, kemarin. PT Dyandra Promosindo Makassar merupakan even organizer (EO) yang secara berkala 3 kali setahun menyelenggarakan pameran komputer di Indonesia termasuk di Makassar.

Pada pameran-pameran sebelumnya, gadget belum diikutkan, namun kali ini pameran didominasi gadget. Dengan makin banyaknya vendor yang bermain di kelas ultrabook dan gadget, pasaran PC, notebook dan netbook kian tergerus.Walau demikian, menurut Mawarda, PC dan notebook tetap bisa bertahan walau intensitas penjualannya sedikit berkurang karena dominasi diambilalih oleh ultrabook dan gadget.

“Untuk pasar ultrabook masih dikuasai oleh Acer dan Asus. Sementara untuk gadget, Samsung, Apple dan Black- Berry serta kehadiran Nokia di Windows 8 merupakan pemain yang kini mendominasi pasaran teknologi,” ujar Mawarda yang kini sedang menggelar pameran komputer di Makassar.

Kecenderungan konsumen membelanjakan uangnya untuk ultrabook dan gadget menurut Pakar Teknologi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Muhammad Diah Yusuf, dipicu gencarnya promosi melalui iklan dan selebaran. Apalagi, kata dia, rata-rata masyarakat kini telah memiliki PC dan netbook di rumah.

Sehingga saat ini mereka lebih memilih menggunakan komputer tablet atau smartphone yang lebih enteng dibawa ke mana-mana.“Kemajuan teknologi yang cepat juga mendorong masyarakat untuk beradaptasi,” kata dia. Pakar Ekonomi Sulsel Agus Arman menilai,belanja masyarakat untuk alat-alat eletronik akan lebih besar lagi hingga penghujung tahun.

“Karakteristik konsumen saat ini berubah dari berbelanja konsumsi ke belanja benda tahan lama. Salah satunya karena faktor perdagangan bebas,”kata dia. Kemunculan teknologi dan perangkat eletronik baru mendorong keingintahuan masyarakat untuk memiliki.

This entry was posted in . Bookmark the permalink.

Leave a Reply